Kali Linux Si Gahar Ahli Penetrating and Testing



Jujur saja akhir-akhir ini apelanggurjeruk sedang sibuk-sibuknya. Sedikit curhat, tugas menumpuk dan kegiatan diluar perkuliahan lebih menyiksa lagi. Waktu istirahat sendiri sudah menjadi kebutuhan tersier. Tapi serius, seminggu ini apelanggurjeruk hanya mendapatkan waktu beberapa jam saja untuk tidur. Bahkan waktu normal untuk seorang beristirahat adalah waktu tidur apelanggurjeruk untuk empat hari. Ampun deh bahasanya belibet. Oke skip.

Dengan diiringi lagu One Last Cry dari Bryan McKnight ditemani dinginnya suasana berkabut sisa hujan gerimis sedari sore, tsaahh jadi puitis – halah skip, apelanggurjeruk mencoba mengutak-atik PC milik apelanggurjeruk. Bukan PC sih jatuhnya, tetapi laptop. Nah karena mendapat mandat dari bapak dosen untuk mencoba menginstal ulang salah satu sistem operasi –iya, menginstal lagi, padahal kemarin baru saja menginstal windows– Jadi, disini, pada kesempatan ini, apelanggurjeruk kembali berbagi pengalaman dalam menginstal OS satu ini. OS nya adalah OS yang menarik untuk apelanggurjeruk pribadi. Coba tebak, OS apa . . .



 Gausah ditebak deh, apelanggurjeruk aja yang jujur. –iya lah, kan dijudulnya udah jelas– apelanggurjeruk bereksperimen dengan Kali Linux.

Seperti apa sih Kali Linux itu? Keunikannya dimana?

Jadi bergini, Kali Linux itu adalah sistem operasi yang merupakan hasil dari pembangunan kembali Back Track. Keduanya sama-sama distro Linux, sama-sama memiliki kemampuan untuk penetration dan testing. tujuan penetration dan testing keamanan sebuah sistem jaringan. Bahasa sederhananya senjata network hacker ini adalah Kali Linux. Kali Linux disinyalir lebih stabil dan powerful dari generasi sebelumnya yaitu BackTrack. Hebatnya, tool-tool untuk melakukan penetration testing milik Kali Linux terbilang kompatibel alias tidak dapat dibendung.

Perbedaan Kali Linux dan Back Track letaknya dimana? Basic Linux untuk pengembangannya. Jika Back Track dikembangkan dari Ubuntu, maka Kali Linux dikembangkan dari Debian Wheezy. Kali Linux merupakan reingkarnasi Back Track sesempurna Monalisa oleh Van Gogh. Kenapa? Karena semua infrastruktur baru telah dimasukkan ke dalam satu tempat, semua tools telah diperbaiki dengan menghilangkan tools dalam jumlah besar baik yang tidak bekerja  atau memiliki tools yang tersedia yang menyediakan fungsi serupa.

Kali Linux dapat diakses secara G R A T I S. Gratis dan akan selalu gratis. Kali Linux, seperti pendahulunya, benar – benar gratis dan akan selalu gratis. –ah lebay– Kamu tidak pernah akan diminta membayar untuk Kali Linux.

Pendiri Kali Linux beserta segenap pengembang Kali Linux menyedikan layanan Open source Git tree. Dimana para pendukung dan pengembang mendukung perangkat lunak open source dan development tree tersedia untuk semua orang yang ingin melihatnya, dan semua source tersedia bagi siapapun yang ingin mengubah dan membangun ulang seluruh paket. Kali Linux sendiri telah mengikuti FHS compliant. Maksudnya, Kali Linux telah dikembangkan untuk mematuhi FHS atau Filesystem Hierarchy Standard yang memungkinkan semua pengguna Linux dengan mudah mencari file binary, support file, library, dan lain-lain.

Kali Linux menyertakan dukungan perangkat wireless yang luas.  Pendiri dan pengembang membangun Kali Linux untuk mendukung perangkat wireless sebanyak mungkin yang dapat dilakukan oleh pendiri dan pengembang, yang memungkinkan berjalan  dengan baik pada berbagai perangkat keras dan kompatibel dengan berbagai USB dan perangkat wireless lainnya. Modifikasi kernel yang sudah di patch untuk injection. Sebagai penetration tester, tim pendiri dan pengembang seringkali perlu melakukan wireless assessments sehingga kernel Kali Linux memiliki patch injection terbaru.

Dengan lingkungan pengembangan yang aman, tim pendiri dan pengembang Kali Linux terdiri dari sekelompok orang terpercaya yang hanya dapat commit paket dan berinteraksi dengan repositori saat menggunakan beberapa protokol yang aman. Dengan menandai beberapa paket dan repositori, masing-masing pendiri dan pengembang menandai secara individu, sehingga lebih aman dan terjamin.

Meskipun tools penetration testing cenderung ditulis dalam bahasa Inggris, pendiri dan pengembang telah memastikan bahwa Kali Linux memiliki dukungan beberapa bahasa, memungkinkan lebih banyak pengguna untuk mengoperasikannya dalam bahasa mereka dan menemukan tools yang mereka butuhkan untuk pekerjaan tersebut. Dinamis atau dapat dirubah sepenuhnya. Pastinya tidak semua orang setuju dengan keputusan desain pendiri dan pengembang, sehingga Kali Linux diciptaan semudah mungkin bagi pengguna yang berpengalaman untuk merubah Kali Linux sesuai keinginan mereka. Tertarik untuk mencobanya?


Dengan Kali Linux, pengguna yang melakukan pengujian keamanan tidak perlu repot meninstall atau membuat kode program atau script baru. Efek sampingnya adalah distro Linux seperti ini juga kerap disalah gunakan oleh script kiddie. Istilah script kiddie adalah sebutan untuk orang yang menjalankan tool dan mengikuti panduan tanpa memahami apa yang dilakukan oleh dirinya. Hal ini berbeda dari hacker yang memahami setiap aksi yang dilakukannya dan mampu membuat tool atau scriptnya sendiri. Dibutuhkan waktu bertahun-tahun untuk mempelajari jaringan komputer dan sistem komputer, tetapi script kiddie mengabaikan kenyataan ini dengan memakai tools atau panduan singkat yang ‘script kiddie’-friendly. Fakta bahwa script kiddie dapat mendownload dan menjalankan tools yang ada di Kali Linux secara bebas menunjukkan bahwa ancaman terhadap keamanan komputer semakin besar.

Saran yang wajib diikuti adalah gunakan password dengan jumlah karakter yang panjang dan beberapa kombinasi karakter (huruf, angka, dan simbol) untuk menjaga password dari serangan tools penetrator testing ini, seperti brute force. Jangan memakai password umum seperti abc123, iloveu, h3av3n dan sebagainya karena mereka biasanya sudah terdaftar di kamus yang dipakai untuk dictionary attack. Selain itu, sebagai developer, jangan membolehkan pengguna untuk memasukkan password yang salah berkali-kali tanpa batas. Kenapa? Karena bisa saja proses brute force atau dictionary attack sedang berlangsung.

Seharusnya, apelanggurjeruk mencantumkan beberapa foto untuk proses pengotak-atikan Kali Linux ini. Akan tetapi, folder screenshotnya harus dihapus karena flashdisknya harus diformat. Dan untuk mengulangi dari awal lagi, apelanggurjeruk tidak memiliki waktu, maka terpaksa, hanya screenshot tampilan dari Kali Linux saja yang dapat apelanggurjeruk bagi pada artikel kali ini.

Tampilan  Kali Linux

 Tools yang ada di Kali Linux


Kalau kamu masih kepo dan penasaran tentang Kali Linux, Kamu bisa berkunjung ke website resminya di www.kali.org. Dokumentasinya bisa Kamu baca di http://docs.kali.org/ untuk versi Bahasa Inggris. Adapaun untuk dokumentasi versi Bahasa Indonesia bisa Kamu baca di http://id.docs.kali.org/. Hei, kamu juga bisa join komunitasnya di http://www.kali.org/community/. Untuk mendownload Kali Linux secara  g r a t i s  kamu bisa mengakses http://www.kali.org/downloads/.

Video tutorial


Komentar

Postingan Populer