Apa itu? | Supercomputer



Pada dini hari yang sepi, sejujurnya apelanggurjeruk mengalami kebuntuan untuk tema artikel selanjutnya. Akan tetapi, kemudian, dengan tidak sengaja apelanggurjeruk menemukan artikel menarik tentang supercomputer. Entah mengapa ulasan yang satu ini menjadi menarik untuk diulas. maka apelanggurjeruk mendapatkan secuil informasi tentang sejarah perkembangan superkomputer ini. Informasi penting gak penting yang lebih baik disimak dengan sepenuh hati.


Kenalan yuk sama Supercomputer. Supercomputer adalah sebuah komputer yang memimpin di dunia dalam kapasitas proses, terutama kecepatan penghitungan, pada awal perkenalannya. Supercomputer diperkenalkan pada tahun 1960-an, didesain oleh Seymour Cray di Control Data Corporation (CDC), memimpin di pasaran pada tahun 1970-an sampai Cray berhenti untuk membentuk perusahaanya sendiri, Cray Research.

Dia kemudian mengambil pasaran superkomputer dengan desainnya, dalam keseluruhan menjadi pemimpin superkomputer selama 25 tahun (1965-1990). Pada tahun 1980an beberapa pesaing kecil memasuki pasar, yang bersamaan dengan penciptaan komputer mini dalam dekade sebelumnya. Sekarang ini, pasar superkomputer dipegang oleh IBM dan HP, meskipun Cray Inc. masih menspesialisasikan dalam pembuatan superkomputer.

Sejarah super computer telah dimulai ketika komputer itu sendiri lahir. Pada saat permulaan era digital, Piranti seperti Colossus Mark 1 dan 2, serta ENIAC berukuran sangat besar dan mampu memenuhi satu ruangan. Term ‘supercomputer’ baru muncul pada era 60-an, dan selalu dihubungkan dengan seseorang bernama Seymour Cray. Cray sekarang juga digunakan sebagai nama salah satu supercomputer. Dia mulai mendesain mesin-mesin saat masih bekerja pada Control Data Corporation (CDC), sebuah perusahaan yang telah memproduksi komputer-komputer tercepat pada saat itu. Cray berencana membuat sebuah komputer yang 50 kali lebih cepat daripada computer tercepat yang dijual oleh CDC pada saat itu, yaitu 16044 8-bit. Pekerjaan itu menyita waktunya beberapa tahun, sehingga menimbulkan kekhawatiran di manajemen CDC, namun pada 1964 CDC 6600 keluar.

Hingga era 60-an, kemampuan processing komputer diukur dari seberapa banyak operasi per detik (OPS/operations per second) yang dapat dilakukan. Colossus dapat melakukan 5,000 OPS, ENIAC 100,000 OPS, dan mesin tercepat tahun 50-an milik IBM yang bernama AN/FSQ-7 ‘hanya’ mampu mencapai 400,000 OPS. Saat CDC 6600 muncul, IBM telah menggandakan hingga 3 kali kecepatan tersebut berkat diadopsinya transistor. Ketika itu pengukuran telah berubah dari integer OPS menjadi floating point (FLOPS). CDC 6600 dapat mencapai 3 MFLOPS atau setara 3 juta FLOPS.

Lompatan yang dilakukan oleh CDC 6600 telah melahirkan sebuah konsep yang kita kenal sekarang dengan supercomputer. Lima tahun kemudian, CDC membuat langkah yang lebih besar. CDC 7600 mampu mencapai 10 kali kemampuan 6600, yaitu hingga 36 MFLOPS, dan trend pun terus berlanjut dengan STAR-100 yang mencapai 100 MFLOPS lima tahun kemudian. Dalam dua tahun berikutnya, Seymour Cray keluar CDC untuk membentuk perusahaannya sendiri. Produk pertamanya, Cray 1, mencapai 250 MFLOPS pada 1976.

Sejak itu, performa supercomputer meningkat setiap dekade. Supercomputer pertama yang mencapai GFLOPS (GigaFLOPS atau 1000 MFLOPS) muncul pada 1986 yaitu Cray2. Lalu Supercomputer pertama yang mencapai TFLOP (TeraFLOPS atau 1000 GFLOPS) dicapai oleh ASCI Red milik Intel pada 1997. Pada 2008, Roadrunner milik IBM menjadi supercomputer pertama yang mencapai PFLOP (PetaFLOPS atau 1000 TFLOPS). Roadrunner masih menjadi supercomputer tercepat saat ini.

Perkembangan kemampuan supercomputer dapat dilihat dari perbandingan berikut : komputer desktop yang tercepat saat ini menggunakan processor quad-core dalam satu PC dapat mencapai hingga lebih dari 50 GFLOPS, angka yang sama dengan yang di capai oleh supercomputer-supercomputer pada awal 1990-an.

Kemampuan sebesar itu didapat dengan menggabungkan ratusan, ribuan, bahkan jutaan prosesor yang bekerja secara parallel. Namun di era internet saat ini, paradigma parallel computing telah meluas ke skala global. Supercomputer tidak hanya dibangun dalam satu ruang menjadi satu kesatuan, namun dapat dibangun dengan memanfaatkan komputer-komputer personal yang terhubung ke internet. Roadrunner mungkin supercomputer tunggal yang tercepat, namun ada satu supercomputer terdistribusi yang mencapai 4,27 PFLOPS. Sistem itu adalah suatu project bernama Folding@Home. Folding@Home adalah sebuah project distributed computing yang bertujuan untuk mensimulasi pembentukan protein yang digunakan untuk membuat obat bagi penderita Alzheimer, Parkinson, Mad Cow, dan lain-lain. Kita dapat berpartisipasi dengan mendownload program dari situs F@H, dan program itu akan menggunakan resource kita saat idle dan mengirimkan hasil komputasi ke server. Dengan kombinasi jutaan PC di dunia yang terhubung internet sistem distributed computing ini dapat mencapai kecepatan tersebut.

Teknologi dan kemampuan superkomputer saat ini masih terus berkembang. IBM sedang mengembangkan sebuah superkomputer bernama Sequoia yang direncanakan selesai tahun 2012. Sequoia dirancang untuk mencapai 20 PFLOPS atau 20 kali superkomputer tercepat saat ini Roadrunner (1,1 PFLOPS).


Lalu sekarang bagaimana rupa perkembangan supercomputer dan supercomputer apa saja yang menduduki top chart supercomputer terbaik?
Tenang, apelanggurjeruk telah merangkup sepuluh supercomputer terbaik. check this one.


1. Komputer Kuantum
Komputer ini merupakan Super computer yang menggunakan prinsip “fisika Kuantum”. Kabarnya komputer ini akan di install di fasilitas Badan Antariksa Amerika Serikat ( NASA ) dan akan di gunakan bersama Google NASA dan para ilmuan. Menggunakan Processor D-Wave Two yang memperlihatkan pemanfaatan efek yang di sebut dengan Terowongan Kuantum. Membuat super Komputer ini dapat memecahkan beberapa jenis masalah matematika hanya sepersekian detik.
Komputer kuantum tidak menggunakan Bits tetapi GuBits(Quantum Bits) Akses kecepatan dari super komputer ini 3.600 kali lebih cepat dari komputer konvesional. 

2. Sequioa
Sequioa di kabarkan menjadi super computer tercepat setelah mengukir kecepatan processing 16,32 petaflop/s.

3. K Komputer
Sebelumnya K Komputer menjadi super komputer tercepat sebelum adanya Sequoia. K kompter merupakan perangkat yang bersal dari Negara jepang yang di kembangkan oleh merek perusahaan teknologi Fujitsu yang tempatnya di REKEN Advanced Institute For Computational Science, Kobe Jepang. Komputer ini memiliki kecepatan 8,162 petaflops atau 8,162 kalkulasi quadrilion per detik dengan rasio efisiensi komputer sebesar 93 persen. Komputer ini menggunakan prosesor SPARC64 VIIIfx 2.0GHz 8-core sebanyak 68.544 unit yang ditempatkan di 672 lemari. Masing-masing lemari memiliki 96 titik komputasi dengan 6 tambahan titik IO. Masing-masing titik komputasi ini dilengkapi memori sebesar 16 GB. Bila masing-masing titik dilengkapi 8 inti proseseor, jumlah prosesornya keseluruhan adalah 548.352 inti. Untuk mengoperasikan K computer di butuhkan daya listrik sebesar 9,89 MegaWatt dengan rata-rata 4,3 MegaWatt.

4. Tianhe 1A
Super komputer ini memiliki kecepatan dua ribu triliun kalkulasi perdetik dan dapat mencatat kecepatan kalkulasi 2,6 petaflop/s. Tianhe 1 A merupakan produksi dari China yang di bangun dengan biaya 88 juta Dollar Amerika dan terletak di Pusat Super Komputer Nasional di Tianjin China. Super komputer ini tercepat di dunia sebelum dikalahkan oleh K Computer dari Jepang pada Juni 2011. Tianghe-I dilengkapi 14.336 unit prosesor Xeon X5670 dan 7.168 Nvidia Tesla M2050 pemroses grafis. Sistem komputer ini tersusun dari 112 lemari komputer, 12 lemari penyimpanan, 6 lemari komunikasi, dan 8 lemari I/O. Setiap lemari komputer terdiri dari 4 frame yang masing-masing memiliki 8 kipas dan 16 port papan pengalih. Adapun total penyimpanan sistem Tianghe-I sebesar 2 Petabytes dengan total memori sebesar 262 Terabytes.

5. Jaguar
Jaguar merupakan super komputer yang di bangun di perusahaan pembuat super computer dilaboratorium Oak Ridge di Oak Ridge, Tennessee, Amerika Serikat oleh Cray. Kecepatan dari jaguar adalah 1,75 petaflops/s. Jaguar pernah menjadi super komputer tercepat di dunia pada Nopember 2009 hingga Juni 2010. Jaguar bersistem operasi Cray Linux Environment dengan prosesor x86-based AMD Opteron yang berjumlah 224.256 unit dan memori sebesar 8 GB. Sedangkan besaran keseluruhan memori yang digunakan mencapai 360 TB. Sedangkan besaran penyimpanannya mencapai 10 petabytes.

6. IBM Roadrunner
Di kembangkan oleh IBM di laboratorium Nasional Los Alamos, Meksiko baru, Amerika serikat denga biaya 133 juta Dollar Amerika. Kecepatan tertinggi komputer super ini 1,456petaflops yang terjadi pada November 2008. Salah satu yang membuatnya unik, IBM Roadrunner memiliki rancangan prosesor hybrid dengan melibatkan 2 prosesor, yaitu IBM PowerXCell 8i sebanyak 12.960 unit dan AMD Opteron dual-coresebanyak 6.480 unit. Super komputer ini memiliki sistem operasi Red Hat Entreprise Linux.

7. Blue Gene
Merupakan proyek arsitektur memproduksi beberapa super komputer. Blue Gene hanya dapat melaju 500 teraflops. Super komputer ini dikembangkan bersama-sama oleh IBM, Laboratorium Nasional Lawrence Livermore, Departemen Energi Amerika Serikat, dan akademia. Superkomputer ini memiliki 4 pengembangan proyek, yaitu Blue Gene/L yang dikembangkan oleh Laboratorium Nasional Lawrence Livermore; Blue Gene/C yang merupakan adik proyek Blue Gene/L; Blue Gene/P yang dikembangkan oleh IBM, Laboratorium Nasional Lawrence Livermore, dan Laboratorium Nasional Argonne, dan Blue Gene/Q.

8. Super MUC
Super MUC dapat mencapai kecepatan 3 petaflops, super computer ini disebut- sebut sebagai komputer tercepat di Eropa. Super MUC merupakan produksi asal Jerman yang di kembangkanLeibniz-Rechentrum di kota Munich. Sistem SuperMuc akan menggunakan 18.432 prosesor Intel Xeon Sandy Bridge-EP dan berjalan diserver IBM System x iDataPlex. Komputer super ini juga memakai teknologi cooling terbaru di IBM bernama Aquasar yang menggunakan air panas untuk mendinginkan prosesor.

9. MIRA
Mira merupakan salah satu produk dari perusahaan raksaksa IBM. Ini merupakan versi dari super komputer Blue Gene. Super computer ini memiliki kecepatan lebih cepat dari merek-merek sebelumnya. Komputer super ini diletakkan di National Labroratory di Illinois, Amerika Serikat untuk melakukan bermacam fungsi. Kecepatannya bisa mencapai sekitar 8 petaflop perdetiknya.

10. Dawning Nebulai
Merupakan super computer yang di kembangkan di china dan di gunakan National Supercomputing Centre in Shenzhen (NSCS). Dawning TC3600 Blade System, Xeon X5650 6C 2.66GHz, Infiniband QDR, NVIDIA 2050. pembuatan super komputer ini pada tahun 2010 Jumlah Core 120640 OS yang di gunakan Linux, jumlah daya sebesar 2,6 juta watt.

Sejujurnya, apelanggurjeruk masih melongo. betapa canggihnya supercomputer yang sudah apelanggurjeruk sebutkan di atas. Dan otak apelanggurjeruk tidak mampu membayangkan, sebesar apa daya listrik yang dibutuhkan, seberapa banyak ruang memory yang disediakan, dan berapa kecepatan aksesnya. Tapi satu hal yang apelanggurjeruk harapkan, agar Indonesia memiliki supercomputernya sendiri. Sumber daya manusia yang dimiliki Indonesia lebih dari cukup untuk mengembangkan supercomputer dengan mandiri. 


Sumber Disini.
Sumber Disini.

Komentar

Postingan Populer