Praktikum Arsitektur dan Sistem Operasi Komputer | Seluk Beluk Komputer



Howdy Readers, berhubung apelanggurjeruk amat sangat bahagia pada hari ini, maka apelanggurjeruk akan bercerita saja pada artikel kali ini. Cerita tentang nabi-nabi? Udah banyak. Cerita pengalaman? Jangan deh. Cerita tentang pacar dan permasalahannya? Bersyukurnya, apelanggurjeruk masih single. Ini aja, apelanggurjeruk mau mendongeng tentang salah satu mata kuliah kece. Kali ini yang akan sedikit apelanggurjeruk singgung adalah Praktikum Arsitektur dan Sistem Operasi Komputer.

Praktikum Arsitektur dan Sistem Operasi adalah mata kuliah yang mempelajari tentang unsur-unsur komputer, dalam hal perkembangan hardware,software dan consumer devices. Tidak hanya itu, mata kuliah ini mempelajari tentang perkembangan teknologi terkini, dan juga membahas tentang ulasan gadget dan teknologi lainnya. Maka, Praktikum Arsitektur dan Sistem Operasi Komputer mempelajari tentang teknologi informasi dan sistem informasi. Kece kan?

Objek yang dipelajari adalah komputer.

Komputer merupakan serangkaian peralatan elektronika yang terpadu dan bekerja sama dengan koordinasi oleh suatu sistem operasi. Pada sebuah komputer terdiri dari dua bagian, yaitu perangkat keras dan perangkat lunak yang dioperasikan oleh manusia. Udah tau ya? Yaudah.

Perangkat keras atau hardware adalah seperangkat alat-alat elektronika yang berupa mesin atau komponen yang secara lahiriah ada dan dapat dilihat. Dalam satu unit hardware terdiri dari empat kelompok dasar meliputi input, proses, penyimpanan data, dan output. Dengan catatan penyimpanan data diluat prosessing data.

Lanjut gak nih? Come on..

Input unit itu apasih? Input unit adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukkan data atau perintah ke dalam komputer. Perangkat yang digunakan berasal dari luar, dapat berupa signal input ataupun maintenance input. Signal input sendiri berupa data yang dimasukkan (diketik) ke dalam sistem komputer. Sedangkan maintenance input berupa progam (diklik) untuk mengolah data yang dimasukkan. Media input data meliputi, keyboard, mouse, joystick, pointing device, scanner, sensor, voice recognation, dan sebagainya.

Sampai sini paham? Lanjutt..

Terus output unitnya apa dong? Output unit adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data, baik berupa hardcopy, softcopy, USB, disket ataupun berupa suara.

Kalau gitu ada gak alat input sekaligus output? Ada dong. Alat input sekaligus output adalah CD room dan keyboard touchscreen.

Info baru gak nih? Saking updatenya sampe baru tau. He he he.

Masuk ke processing data ini. Ready?
Processor unit adalah unit yang terdiri dari komponen elektronik terkoordinasi secara sistematis mengolah perintah dari input menjadi output. Peranti yang bekerja pada sistem ini seperti processor, motherboard, video graphic accelerator, dan sebagainya.

Yang ini pasti sering banget baca, sama. Tapi tetep nyambung kok.

Yup, processor. Processor atau otak dari sistem komputer dan tenpat pemroses instruksi-instruksi progam. Memiliki dua bagian fungsi operasional, yaitu Arithmatical Logical Unit seagai pusat pengolah data, dan Control Unit sebagai pengontrol kerja unit. Processor berupa chip yang terdiri dari ribuan hingga jutaan IC. Dan memiliki beberapa alat penyimpanan yang berukuran kecil yang disebut dengan register.

Tugas utama Arithmatcal Logical Unit atau ALU adalah melakukan semua perhitungan aritmatika yang terjadi sesuai dengan instruksi progam (bilangan biner) dengan dasar penjumlahan, sehingga sirkuit elektronik yang digunakan disebut juga adder.

Kalo tugasnya control unit? Control unit mengatur dan mengendalikan alat-alat input dan output, mengambil instruksi dan data dari memori utama, mengirim instruksi perhitungan aritmatika atau perbandingan logika ke ALU sekaligus mengawasi kinerja ALU, dan menyimpan hasil proses ke memori utama.

Tadi apelanggurjeruk sempat menyinggung tentang register. Register apa? Pendaftaran? ha ha ha. Bukann. Register yang dimaksud disini adalah register memori.
Register merupakan alat penyimpanan kecil yang mempunyai kecepatan akses cukup tinggi yang digunakan untuk menyimpan data dan instruksi yang sedang diproses sementara data dan instruksi lainnya yang menunggu giliran untuk diproses masih disimpan di dalam memori utama.

Yang ini pasti udah pada sering denger, samaaa. Iya, kita ngomongin tentang motherboard.

Motherboard adalah bagian dari komputer yang paling utama karena berisi sistem BIOS atau Basic Input Output System, pengatur koneksi input- output (chipset), soket processor, soket memori (Random Access Memory), soket kartu grafis (Visual Graphic Accelerator), dan soket kartu tambahan (additional cards seperti PCI, ISA)

BIOS adalah bagian utama yang mengatur sistem input – output pada komputer.

Sedikit tips dari apelanggurjeruk, pada saat memilih motherboard perlu memperhatikan beberapa hal, seperti jenis soket processor, frekuensi bus, jumlah soket SATA, dan PCI, jumlah soket RAM dan yang paling penting adalah reputasi dan kehandalan dari sebuah brand. Beberapa brand produser motherboard seperti ASUS, gigabyte, Albraton, Abit, Pcchips, ECS, BIOStar, dan Jetway.

Udah nih? Segitu doang? Enggak dong.

Diatas apelanggurjeruk menulis consumer devices. Contohnya apa? Terus apa itu consumer devices? Jadi gini, consumer devices adalah piranti yang digunakan pengguna. Contohnya handphone, laptop, token, dan sebagainya.

Satu lagi, sebelum lupa. Ada tiga macam memori yang digunakan dalam sistem komputer.

Yang pertama ada register yang digunakan untuk menyimpan instruksi dan data yang sedang diproses.
Yang kedua ada main memory yang digunakan untuk menyimpan instruksi dan data yang akan diproses dan hasil pengolahan.
Yang ketiga adalah secondary memory yang digunakan untuk menyimpan progam dan data secara permanen.

Giamana? Kece kan mata kuliah yang satu ini. Kamu bakal belajar tentang hardware dan software komputer. Seru gak tuh?

Komentar

Postingan Populer